genteng-wuwung

Rumah Anda Butuh Genteng Wuwung? Simak Dulu Fungsinya Hanya Disini!

Semua orang pasti sudah tahu kegunaan utama dari genteng rumah. Bahkan kini sudah banyak inovasi jenis genteng rumah mulai dari berbahan tanah liat, beton, bahkan campuran aspal. Tapi tahukah Anda bahwa atap rumah juga butuh genteng wuwung? Apa itu genteng wuwung? Apakah setiap rumah wajib memasang genteng jenis ini?

Mengenal Genteng Wuwung

Genteng jenis ini sebenarnya adalah aksesoris atap rumah. Keberadaannya punya fungsi untuk menambah estetika. Tapi genteng wuwung juga punya fungsi lain yang tak kalah penting. Genteng wuwung berbentuk melengkung setengah lingkaran. Bentuknya sekilas mirip dengan tabung silinder yang terbelah dua.

Kata “wuwung” sebenarnya berasal dari bahasa Jawa “wuwungan”. Artinya adalah bagian paling atas/puncak dari atap rumah. Tak heran jika genteng ini dinamakan wuwung, karena meman letaknya berada di puncak atap rumah. Tapi ada juga genteng wuwung yang dipadang pada bagian samping, tengah, dan juga kerucut atap.

Genteng wuwung banyak digunakan pada rumah-rumah tradisional di Pulau Jawa. Misalnya pada rumah tradisional Joglo. Tapi semakin modern, atap wuwung juga banyak digunakan pada rumah-rumah pedesaan yang atapnya terdiri dari 2 sisi (segitiga). Bentuknya pun sangat beragam. Apalagi jenis wuwung sudut atau puncak yang dibuat megah dalam bermacam karakter.

Fungsi Genteng Wuwung

Atap wuwung ini sebenarnya bukan hanya berfungsi sebagai hiasan semata. Genteng wuwung sebenarnya punya fungsi yang krusial seperti:

  1. Menutupi Celah Atap

Kerpus adalah daerah perpotongan antara sudut-sudut atap rumah. Genteng biasa tidak bisa dipasang pada sudut-sudut atap ini. Karena itulah dibutuhkan atap wuwungan yang bisa menutup celah tersebut. Genteng wuwung bisa menangkis air hujan yang akan merembes melalui celah atap.

  1. Menguatkan Atap

Genteng wuwung juga punya fungsi untuk menguatkan atap agar bisa menyatu dengan sempurna. Genteng ini juga berguna untuk melindungi rangka atap rumah dengan lebih maksimal.

  1. Melindungi dari Angin

Angin yang datang dari arah atas bisa saja menyingkap genteng rumah Anda. Agar genteng tak berantakan tersingkap angin, Anda bisa menambahkan genteng wuwungan. Bentuknya yang dipasang seperti silinder membuat tak ada celah dimana angin bisa masuk.

Perusahaan Produksi Genteng Wuwung Terbaik di Jawa

Kini banyak rumah modern minimalis yang tetap menggunakan genteng wuwung. Tapi mereka memilih model yang sederhana/polos saja, asalkan fungsi utamanya tetap ada. Genteng wuwung yang berkualitas hanya bisa Anda dapatkan di gentengwinata.com.

Perusahaan ini khusus bergerak dalam bidang produksi homemade genteng tanah liat berbagai model dan jenis. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis aksesoris genteng seperti:

  1. Genteng 4 ways (4 sudut) yang bisa digunakan untuk sudut puncak rumah. Model ini bisa digunakan jika rumah Anda punya gaya atap seperti piramida.
  2. Genteng 3 ways (3 sudut) bisa digunakan untuk menutup pertemuan 3 sudut atap rumah.
  3. Letter T biasa digunakan untuk menutup sudut pertemuan 3 arah atap rumah yang letaknya tegak lurus.
  4. Genteng penutup ujung atas dengan bentuuk mirip huruf J. Genteng ini bisa digunakan pada wuwung bagian ujung depan dan belakang rumah.
  5. Genteng wuwungan yang berfungsi ditempatkan sepanjang puncak wuwungan rumah.
  6. Genteng nok segitiga yang berfungsi untuk menutup wuwungan atap rumah, tapi bentuknya tetap lancip.

Ternyata aksesoris genteng wuwung bukan hanya punya fungsi estetika semata. Anda wajib membelinya untuk melindungi rumah dari kebocoran dan kerusakan rangka atap. Agar Anda bisa mendapatkan genteng wuwung yang berkualitas. Pastikan Anda hanya membelinya di Genteng Winata.